Periode kekaisaran Chola (c 850 CE -. 1250 M) adalah masa perbaikan terus-menerus dan penyempurnaan dari seni dan arsitektur Dravida. Mereka dimanfaatkan kekayaannya yang mereka peroleh melalui penaklukan luas mereka dalam membangun tahan lama batu candi dan patung-patung perunggu indah.
Isi

    
1. Perkenalan
        
1.1 Periode Chola Awal
        
1.2 Periode Tengah
        
1.3 Periode Kemudian
    
2 Patung Perunggu dan
        
2.1 Tujuan dari Icons
        
Teknik 2.2 Hilang Wax
        
2,3 Elegant Style
    
3 Chola Fresco
    
4 kerajinan lainnya
    
5 Catatan
    
6 Referensi
    
7 Pranala luar
Pengantar
The Cholas melanjutkan tradisi bangunan candi dari dinasti Pallava, yang sendiri dipengaruhi oleh sekolah Amaravathi arsitektur. Chola seniman dan pengrajin lanjut menarik pengaruh mereka dari sekolah seni kontemporer dan arsitektur lainnya dan peningkatan desain kuil Dravida ke tingkat yang lebih tinggi. [1] Chola raja membangun banyak kuil di seluruh kerajaan mereka, yang biasanya terdiri dataran, Tengah dan Utara Tamil Nadu dan pada waktu seluruh negara bagian Tamil Nadu sebagai juga berbatasan bagian Karnataka modern dan Andhrapradesh. Dalam evolusi arsitektur candi Chola kita kira-kira dapat melihat tiga fase utama, dimulai dengan tahap awal, dimulai dengan Vijayalaya Chola dan terus sampai Sundara Chola, tahap tengah Rajaraja Chola dan Rajendra Chola ketika prestasi skala ketinggian tidak pernah mencapai sebelum atau sejak dan tahap akhir selama periode Chalukya Chola dari Kulottunga Chola Aku sampai runtuhnya kerajaan Chola.
The Chola di samping kuil mereka, juga membangun banyak bangunan seperti rumah sakit, bangunan utilitas publik dan istana. Banyak bangunan seperti menemukan menyebutkan dalam prasasti dan dalam rekening kontemporer. Istana emas yang Aditya Karikala seharusnya dibangun untuk ayahnya Sundara Chola adalah contoh dari bangunan tersebut. Namun, bangunan tersebut adalah bahan yang mudah rusak seperti kayu dan batu bata dipecat dan belum selamat kerusakan waktu.Periode awal Chola
Pallavas adalah yang pertama dikenali dinasti India Selatan yang terlibat dalam mengejar inovasi arsitektur. Benih pertama arsitektur candi Dravida di Tamil Nadu yang mungkin ditaburkan selama periode ini. Arsitektur candi berevolusi dari awal candi gua dan kuil-kuil monolit dari Mamallapuram ke Kailasanatha dan Vaikuntaperumal candi Kanchipuram. Gaya arsitektur ini dibentuk yayasan dari mana Chola, yang berada di dekat kontak dengan Pallavas selama periode mereka penurunan, mengambil beberapa pelajaran berharga menurut Nilakanta Sastri, dalam bukunya A History of South India "Vijayalaya Choleswaram
Awal Chola dibangun berbagai kuil. Aditya Saya dan Parantaka saya pembangun produktif karena iman mereka. Prasasti Aditya Saya mencatat bahwa ia membangun sejumlah candi di sepanjang tepi sungai Kaveri. Candi ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan struktur monumental besar dari Chola kemudian dan mungkin struktur bata daripada batu.
The Vijayalacholeswaram dekat Pudukkottai di Tamil Nadu adalah contoh dari awal bangunan Chola hidup. Gaya struktur ini jelas menunjukkan pengaruh Pallava dalam desain. Ini memiliki pengaturan yang tidak biasa dari garba Griha melingkar (di mana dewa berada) dalam prakara persegi - koridor circumbulatory. Di atas ini meningkat dengan Vimana atau menara di empat lantai berkurang dari yang lebih rendah tiga adalah persegi dan lingkaran atas. Setiap tingkat dipisahkan dari berikutnya dengan cornice a. Seluruh struktur diatasi oleh sebuah kubah yang pada gilirannya atasnya dengan Kalasa batu - lambang. Sangat jejak samar lukisan dapat dilihat dalam di dinding. Lukisan-lukisan ini tanggal tidak lebih awal dari abad ke-17. Kuil kecil Nageswara di Kumbakonam juga dari periode yang sama.
The Koranganatha Temple di Srinivasanallur dekat Hirapalli adalah contoh dari periode Parantaka I. Candi ini terletak di tepi sungai Kaveri, dan sebuah kuil kecil dengan patung-patung yang indah pada setiap permukaan. Dasar dinding memiliki deretan patung hewan mitos yang fitur unik arsitektur Chola. Lantai pertama terbuat dari batu bata yang telah terpampang.
Muvarkovil Temple di daerah Pudukkottai dibangun oleh takluk dari Parantaka Chola II pada paruh kedua abad kesepuluh. Seperti namanya, kompleks candi memiliki tiga kuil utama berdampingan berdiri berturut-turut, sepanjang arah utara-selatan, menghadap ke barat. Dari tiga, hanya dua, yang vimanams tengah dan selatan (menara) sekarang masih ada. Dari ketiga atau kuil utara, ruang bawah tanah saja tetap. Gaya arsitektur kuil ini menunjukkan konkordansi jelas dengan candi Chola kemudian. [2]Periode Tengah
Bangunan candi menerima dorongan besar dari penaklukan dan kejeniusan Rajaraja Chola dan anaknya Rajendra Chola I. [3] Sejumlah kuil yang lebih kecil dibangun selama fase awal periode ini. Terkemuka di antara ini adalah Tiruvalisvaram kuil dekat Tirunelveli. Candi ditutupi dengan indah patung juga terdiri dan jalur beberapa tokoh komik yang berisi. Seluruh cornice menara candi dihiasi dengan desain dari tanaman rambat dan dedaunan. Contoh lain dari candi tersebut dapat dilihat di Kuil Vaidyanatha di Tirumalavadi dan Kuil Uttara Kailasa di Thanjavur. [4]Detail dari gopura utama (menara) dari Temple Thanjavur
Kematangan dan keagungan yang arsitektur Chola telah berevolusi menemukan ekspresi dalam dua candi megah Thanjavur dan Gangaikondacholapuram. [5] Candi Siva megah Thanjavur, selesai sekitar 1009 CE adalah peringatan pas untuk prestasi material saat Rajaraja . [6] terbesar dan tertinggi dari semua kuil India, itu adalah karya yang merupakan tanda-air yang tinggi arsitektur India Selatan. [6] [7] [8]
Hal ini di candi ini yang satu pemberitahuan untuk pertama kalinya dua gopuras (menara berorientasi ke arah yang sama. Mereka arsitektur sejaman dengan Vimana utama dan disebut dalam prasasti sebagai Rajarajan tiruvasal dan Keralantakan tiruvasal. Terlepas dari ukuran besar gopuras itu, Vimana, naik anggun hingga ketinggian 190 kaki, terus mendominasi dan hanya pada periode berikutnya bahwa perubahan gradasi besarnya terjadi.
Bukti epigrafi mengungkapkan bahwa Rajaraja mulai membangun candi ini pada tahun regnal yang ke-19 dan selesai pada hari 275 tahun masa pemerintahan-25 (1010 M), mengambil hanya 6 tahun. [9] Rajaraja bernama candi ini sebagai Rajarajesvaram dan Siwa dewa di bentuk Lingga sebagai Peruvudaiyar, candi ini juga dikenal dengan nama dewa sebagai Peruvudaiyarkovil. Pada periode kemudian Maratha dan Nayaks penguasa dibangun berbagai kuil dan gopurams candi. Pada periode kemudian ketika bahasa Sansekerta lebih populer selama Maratha memerintah kuil bernama dalam bahasa Sansekerta sebagai Brihadisvaram dan dewa sebagai Brihadisvara.
Candi ini membawa pada dinding-dindingnya bukti terukir dari prosedur administrasi dan keuangan yang rumit mengenai administrasi sehari-hari candi. Prasasti memberi, selain dari sejarah yang komprehensif dari kali, pencacahan penuh dari semua gambar logam didirikan di kuil. Berjumlah sekitar enam puluh enam, ikon ini disebut dengan deskripsi rincian terkecil dari ukuran, bentuk dan komposisi. Ini saja adalah tambang informasi untuk sejarawan seni.
Candi berdiri dalam benteng, yang dindingnya adalah tambahan kemudian dibangun pada abad ke-16 oleh Nayaks dari Tanjore. [10] menjulang vimanam adalah sekitar 200 kaki tingginya dan disebut sebagai Dakshina Meru (Gunung Selatan). The oktagonal Shikharam (puncak) bertumpu pada satu blok granit seberat 81 ton. [1] [9] Hal ini diyakini bahwa blok ini dilakukan sebuah jalan yang dibangun khusus dibangun dari situs 6 kilometer jauhnya dari kuil. Nandis besar (angka dari banteng suci) dot sudut-sudut Shikharam, dan Kalasam di atas dengan sendirinya adalah sekitar 3,8 meter. Ratusan tokoh semen bejewel yang Vimanam, meskipun ada kemungkinan bahwa beberapa mungkin telah ditambahkan pada selama periode Maratha. Dewa utama adalah lingam dan merupakan besar, diatur dalam dua tempat suci bertingkat, dan dinding yang mengelilingi pengunjung suci menyenangkan sebagai gudang mural dan patung. Candi ini dibangun seluruhnya dari batu granit, yang menarik, di tempat di mana tidak ada sumber granit. [9]gangaikonda cholapuram
[1] [11] [12]
Meskipun kuil Gangaikonda Cholapuram mengikuti rencana kuil besar Thanjavur di sebagian besar rincian memiliki karakteristik tersendiri. Dari sisa-sisa itu dapat dilihat bahwa itu hanya satu dinding kandang dan gopura sementara candi Thanjavur memiliki dua gopuras dan kandang. Hal ini lebih besar dalam rencana meskipun tidak setinggi, Vimana yang menjadi 100 kaki persegi di dasar dan 186 kaki tinggi. Kuil, yang membentuk persegi panjang besar 340 kaki panjang dan 110 kaki lebar menempati tengah kandang berdinding besar terutama dibangun untuk tujuan pertahanan. Vimana memiliki konstruksi yang sama seperti di Thanjavur, namun jumlah tingkatan yang membentuk tubuh piramida hanya delapan sebagai melawan 13 di Thanjavur. Perbedaan yang paling penting terletak pada pengenalan kurva di tempat garis-garis lurus yang kuat dari Vimana Thanjavur. Tubuh berbentuk piramida yang sedikit cekung di garis yang tegak sementara sisi melengkung untuk menghasilkan garis yang agak cembung. Kurva ini meningkatkan keindahan bentuk Vimana meskipun mereka mengalihkan perhatian dari keagungan dan kekuasaan. [13] [14]Kemudian PeriodeSpoked roda kereta, Temple Airavateswarar, Darasuram c. 1200 CE The kereta yang ditarik kuda diukir di bagian depan Mandapam tersebut. Kereta dan roda yang begitu halus terpahat bahwa mereka termasuk bahkan rincian samar
Chola gaya terus berkembang selama satu abad lebih lama dan mengekspresikan dirinya sendiri dalam jumlah yang sangat besar dari kuil. Dari dua candi ini besar layak dibandingkan dengan orang-orang dari Rajaraja dan Rajendra.
The Airavateswara candi di Darasuram dekat Thanjavur dibangun pada masa pemerintahan Rajaraja Chola II adalah struktur megah khas dari tahap perkembangan arsitektur mencapai di abad ke-12. Candi ini memiliki pilar artistik batu dan dekorasi di dinding, dalam berbatasan gaya pada perangai, dengan penekanan pada tungkai memanjang dan fitur dipoles. Terbaik di antara mereka adalah tokoh-tokoh basal hitam gelap di relung candi Dakshinamurti, gambar di sisi selatan Shiva dalam sikap mengajar, dan ke barat, Siwa meletus dari pilar cahaya meyakinkan Brahma dan Wisnu dari keunggulannya . Depan Mandapam adalah dalam bentuk sebuah kereta besar ditarik oleh kuda. [15] [16]
Contoh terakhir dari periode ini adalah candi Kampaheswarar di Tribhuvanam dekat Kumbakonam yang telah bertahan dalam kondisi baik seperti yang dibangun oleh Kulothunga Chola III. [15] [17] Arsitektur candi ini mirip dengan candi-candi di Tanjore, Gangaikondacholapuram dan Darasuram. [18]Patung dan PerungguDengan pilar berat dihiasi akurat secara detail dan dinding kaya terpahat, candi Airavateswara di Darasuram adalah contoh klasik dari Chola seni dan arsitekturIcon Chola Bronze. Shiva dan Parvathi c. 1200 C.E.
Chola periode ini juga luar biasa untuk patung dan perunggu. [19] Di antara spesimen yang ada di berbagai museum dunia dan di kuil-kuil India Selatan, dapat dilihat banyak tokoh baik dari Siva dalam berbagai bentuk didampingi istrinya Parvati dan para dewa lainnya, dewa dan dewi dari panteon Saivaite, Wisnu dan istrinya Lakshmi, yang Nayanmars, orang-orang kudus Saiva lain dan banyak lagi [1] Meskipun sesuai umumnya untuk konvensi ikonografi yang didirikan oleh tradisi panjang, pematung bisa juga latihan. nya imajinasi dalam batas-batas ikonografi Hindu kanonik dan bekerja di kebebasan yang lebih besar selama sebelas dan abad kedua belas. Akibatnya, patung-patung perunggu dan menunjukkan kasih karunia klasik, kemegahan dan rasa yang sempurna. Contoh terbaik dari hal ini dapat dilihat dalam bentuk Nataraja Ilahi Dancer.Tujuan dari Icons
Sementara patung batu dan gambar tempat suci memberdayakan candi tetap tak bergerak, mengubah konsep keagamaan selama periode sekitar abad ke-10 menuntut bahwa dewa mengambil bagian dalam berbagai peran publik mirip dengan seorang raja manusia. Akibatnya, gambar perunggu besar diciptakan untuk dilakukan di luar kuil untuk berpartisipasi dalam ritual sehari-hari, prosesi, dan festival candi. Lugs bulat dan lubang yang ditemukan di dasar dari banyak patung ini adalah untuk tiang yang digunakan untuk membawa gambar yang berat. Dewa perunggu yang berpartisipasi dalam perayaan seperti itu dengan mewah berpakaian dan dihiasi dengan perhiasan berharga. Setiap kebutuhan dan kenyamanan mereka yang melayani dengan baterai candi imam, musisi, juru masak, devadasis, administrator dan pelanggan. Masyarakat awam memadati rute prosesi untuk memiliki darshan dan mengagumi dewa kesayangan mereka untuk penggambaran mewah gambar dan kostum megah dan perhiasan.Detil dari Patung Rajaraja Chola I di Temple Brihadisvara
Meskipun pengecoran perunggu memiliki sejarah panjang di India selatan, yang jauh lebih besar dan jumlah yang jauh lebih besar dari patung perunggu dalam semua ukuran mulai dari besar ke miniatur yang dilemparkan selama periode Chola dari sebelumnya, menjadi bukti akan pentingnya patung perunggu selama periode ini . Perlu dicatat bahwa ketika dalam ibadah, gambar ini dihiasi kostum sutra, karangan bunga, dan permata bertatahkan permata, cocok avatar tertentu dan konteks agama. Dekorasi perunggu candi dengan cara ini adalah tradisi dekorasi setidaknya seribu tahun dan seperti yang dimaksud dalam abad ke-10 Chola prasasti.
Dalam beberapa kali, banyak dari perunggu Chola ternilai ini telah dicuri dari kuil-kuil atau museum, diselundupkan dari India dan telah menemukan cara mereka ke museum swasta seni-kolektor.Teknik Wax hilang
Perunggu periode Chola dibuat menggunakan teknik lilin yang hilang. [20] Hal ini diketahui dari segi artistik sebagai "Cire Perdue". Sansekerta Shilpa teks menyebutnya Madhu Uchchishtta Vidhana.
Lilin lebah dan kungilium (sejenis kapur barus) dicampur dengan sedikit minyak dan diremas dengan baik. Angka ini dipahat dari campuran ini Penciptaan semua rincian menit. Ini adalah model lilin asli.
Seluruh angka kemudian dilapisi dengan tanah liat terbuat dari bukit rayap sampai cetakan adalah dengan ketebalan yang diperlukan. Kemudian semuanya dikeringkan dan dibakar dalam oven dengan kotoran sapi kue. Model lilin meleleh dan mengalir keluar, sementara beberapa dari itu vapourises.
Paduan logam perunggu dilebur dan dituangkan ke dalam kosong liat-cetakan. Paduan perunggu tertentu ini dikenal sebagai Pancha Loham. Ketika logam telah mengisi semua celah-celah dan telah menetap dan mengeras dan didinginkan, cetakan patah. Angka perunggu yang diperoleh kemudian dibersihkan, rincian halus ditambahkan, noda dihapus, dihaluskan, dan dipoles dengan baik. Oleh karena itu setiap ikon perunggu adalah unik dan cetakan tidak dapat digunakan untuk membuat salinan.Gaya elegan
Bentuk-bentuk Chola perunggu sangat plastik. Mereka tanpa ornamen rumit dan desain dibandingkan dengan perunggu berikutnya dari periode Vijayanagar dan Nayaka. Ada kasih karunia lembut, keanggunan terkendali dan tenang, sebuah, keindahan keluar-duniawi halus, dan di atas segalanya - kehidupan yang berdenyut dan berdenyut dan dengan demikian menghidupkan patung perunggu. Dengan cara ekspresi wajah, gerakan atau mudra postur tubuh secara keseluruhan dan perunggu menyertai lain kita bisa membayangkan lingkungan dan konteks agama sosok dewa atau dewi; apa instrumen atau senjata dia adalah memegang; apa dia sedang bersandar pada; dan apa yang dia lakukan atau lakukan.
Misalnya, dalam Rishabaandhika atau Vrishabavahana murthy pose, kita melihat Siva berdiri dengan satu kaki youthfully melintasi melintasi lain dan lengannya elegan tertekuk dan dibesarkan seolah beristirahat atau bersandar pada sesuatu. Dalam postur elegan ini, dapat menduga bahwa Shiva muda dan atletis bersandar pada-Nya banteng-vahana berarti Beliau, Nandhi, pada bahu yang Dia sedang beristirahat lengan-Nya.Perunggu Chola Patung Nataraja di Metropolitan Museum of Art, New York City
Yang paling terkenal dari semua ikon perunggu adalah bahwa dari Nataraja atau Adavallar. [21] simbolisme ini menyajikan Siwa sebagai penguasa tarian kosmik penciptaan dan kehancuran. Dia aktif, namun menyendiri, seperti dewa di Parthenon Frieze. Sekitar Siwa, lingkaran api mewakili alam semesta, yang api diadakan di kiri sawit belakang Siwa. Lengan kiri depan nya melintasi dadanya, tangan menunjuk "belalai gajah" Posisi (gaja hasta) ke kaki kiri terangkat, yang menandakan pembebasan. Kaki kanannya menginjak-injak kurcaci Apasmara, yang mewakili ketidaktahuan.
Tangan kanan depan Siwa dinaikkan dalam "ketakutan-bukan" tanda berkah (abhaya mudra), sementara tangan kanan belakang nya memegang drum yang ia mengalahkan ukuran tarian. Ular, lambang Siva, ikal sekitar lengannya. Rambutnya memegang bulan sabit - lambang lain - dan gambar kecil Gangga, sungai-dewi yang terjal jatuh dari langit ke bumi rusak oleh kunci Siva kusut.
Siwa sebagai Nataraja atau Adavallar juga disertai dengan istrinya Sivakami.Chola FrescoChola Fresco gadis Dancing. Brihadisvara Temple c. 1100 C.E.
Pada tahun 1931, Chola lukisan dinding ditemukan dalam koridor circumambulatory dari Temple Brihadisvara, oleh SKGovindasamy, seorang profesor di Universitas Annamalai. Ini adalah lukisan Chola pertama kali ditemukan. Bagian dari koridor gelap dan dinding di kedua sisi ditutupi dengan dua lapisan lukisan dari lantai ke langit-langit.
Para peneliti telah menemukan teknik yang digunakan dalam lukisan dinding tersebut. Sebuah adonan halus campuran kapur diaplikasikan di atas batu, yang mengambil dua atau tiga hari untuk mengatur. Dalam rentang waktu singkat itu, lukisan besar seperti dicat dengan pigmen organik alami.Fresco lain yang ditemukan di Kuil Brihadisvara
Selama periode Nayak, lukisan Chola dicat lebih. Chola lukisan dinding berbaring di bawah memiliki jiwa bersemangat Saivism dinyatakan di dalamnya. Mereka mungkin disinkronkan dengan selesainya kuil oleh Rajaraja Chola. [22]

0 comments:

Post a Comment